#3 Kesalahan yang sering dilakukan saat pertama mengajukan kredit mobil

Tidak jarang segala sesuatu hal yang sering kita lakukan dalam mengambil keputusan dianggap yang terbaik, akan tetapi kenyataannya dalam jangka panjang justru berdampak negative atas keputusan kita tadi. Begitu juga hal yang sering terjadi dalam masyarakat ketika mengajukan kredit mobil melalui beberapa pertimbangan dirasa sudah yang terbaik akan tetapi malah merugikan diri mereka sendiri. Berangkat dari judul diatas 3 kesalahan yang sering terjadi saat mengajukan kredit mobil, untuk saya mencoba mengulasnya secara tuntas.

kredit mobil

Tidak tau ada pilahan lainnya

Untuk yang baru pertama kalinya beli mobil, ajukan utang bisa jadi suatu hal yang menakutkan. Terkecuali jargon hukum yang mungkin saja didapati, rata-rata orang yang baru beli mobil pertama kalinya tak memiliki pengalaman dgn utang pada umumnya (lantaran umur yang masihlah muda). Karena itu, banyak konsumen type ini pada akhirnya cuma terima paket apa sajakah yang direferensikan oleh penjual.

Bila Anda termasuk juga dalam demografi ini, pahamilah kalau Anda TIDAK HARUS terima paket yang di tawarkan. Demikian sebaliknya, Anda DAPAT pilih Kredit mobil lain yang mungkin saja tawarkan suku bunga yang lebih rendah atau kriteria yang tambah baik.

Menurut tabel perbandingan, sampai bln. Juli 2013, suku bunga paling rendah utang 3 th. untuk beli satu mobil di Indonesia yaitu 4. 58% sedang paling tinggi yaitu 8. 20% per th.. Dgn tahu kalau Anda bisa bikin pilihan paling baik, Anda bisa menghemat bunga sekitaran 3. 62% per th.!

Mengevaluasi pmblian berdsrkan Cicilan bulanan 

terbakar semangat untuk mempunyai “mobil yang diimpikan”, beberapa konsumen mobil memiliki kecenderungan untuk mengevaluasi pembelian mobil berdasar pada angsuran bulanan serta tidak dari keseluruhnya angkanya. Ini adalah pendekatan yang beresiko lantaran bisa mengakibatkan Anda kehilangan pandangan mengenai kekuatan keuangan Anda, serta lebih utama lagi, pendekatan itu berikan peluang pada sales mobil untuk merekayasa angka serta bikin mobil seakan-akan lebih murah dari harga sesungguhnya.

Contoh :

Umpamanya biaya awal Anda untuk beli mobil yaitu Rp300, 000, 000. Bila Anda pilih untuk TIDAK mengevaluasi pembelian mobil dari jumlah totalnya, satu Mitsubishi Pajero (dgn harga Rp389, 000, 000) bisa tampak murah bila Anda cuma lihat angsuran bulanannya sebesar Rp7, 922, 633 dgn bunga 5. 55% sepanjang empat th..

Butuh diingat kalau waktu ajukan utang untuk beli satu kendaraan, yaitu keuntungan Anda selalu untuk memikirkan mengenai jumlah keseluruhan cost pembelian. Untuk mengerti seberapa besar resiko beli mobil diluar kekuatan, Anda butuh tahu kalau pada th. 2005-2012, beberapa 25% masalah kebangkrutan di Malaysia terkait dgn credit mobil!

Memilih Tenor kredit yang Paling Panjang

Tertarik oleh janji angsuran bulanan yang lebih rendah, beberapa konsumen mobil melebarkan utang mereka sampai periode paling lama, yakni enam th., walau pendapatan mereka cukup untuk membayar angsuran dgn periode lebih cepat. Pendekatan ini sesungguhnya lebih umum dari yang Anda prediksikan, lantaran pada intinya, orang menginginkan membayar sekecil mungkin saja supaya dapat bernapas lebih lega tiap-tiap bulannya.

Yang kerap dilupakan (berniat diabaikan) orang dalam masalah ini yaitu kalau seperti utang di bank, makin lama periode angsuran, makin besar bunga yang perlu Anda bayarkan. Dgn perpanjang periode utang, konsumen mobil pada intinya mengorbankan dana periode panjangnya untuk keuntungan periode pendek. Ingat : bila Anda dapat, semakin lebih masuk akal dengan cara finansial untuk mempercepat periode utang Anda, bukanlah memperpanjangnya!

Contoh :

Memakai angka diatas, ketidaksamaan pada membayar Mitsubishi Pajero sepanjang empat th. (Rp7, 922, 633) serta sepanjang enam th. (Rp5, 930, 088) yaitu Rp1, 992, 545 per bln.. Namun dgn pilih periode waktu yang lebih lama, Anda mesti membayar keseluruhan bunga sebesar Rp115, 766, 400 – sekitaran Rp46, 680, 000 lebih mahal dibanding bila Anda pilih periode waktu yang lebih pendek!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s